Sabtu, 28 Januari 2017

PROPOSAL PESONA ALAM (VHINNA LEREBULAN)



PROPOSAL (PESONA ALAM)

images.jpg

NAMA : PAULA LEREBULAN
KELAS/SEMESTER: XII/V
BIDANG KEAHLIAN : MULTIMEDIA

index.png

SMK PGRI AMBON



KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmat-Nya saya boleh menyelesaikan proposal ini yang berjudul Pesona Alam. Proposal Pesona Alam ini menggunakan bahasa yang sangat sederhana sehingga mudah dimengerti dikalangan remaja maupun oleh siapa saja.
Dalam kesempatan ini saya ingin mengucapkan Terima Kasih Kepada :
1.       Bapak Guru Yang sudah memberikankan tugas proposal ini kepada kami
2.       Orang tua yang sudah melengkapi dengan finansial
3.       Teman-teman yang sudah memberikan suport kepada saya

Saya menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun kesempurnaan proposal atau tulisan saya berikutnya. Semoga proposal ini bermanfaat bagi pembaca serta dapat dijadikan sebagai sumbangan pikiran untuk perkembangan pendidikan khususnya materi kejuruan.















BAB I
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang
Keindahan alam Indonesia memang tidak pernah ada habisnya untuk dinikmati. Ada begitu banyak pilihan lokasi, dari mulai pantai hingga pegunungan yang indah dan menawan. Keindahan tersebut bisa membuai sispa saja yang mengunjunginya. Dari sekian banyak destinasi wisata yang begitu indah dan memukau, salahsatu yang bis anda coba jajal adalah Ambon. Kota di timur Indonesia tersebut menyimpan begitu banyak pesona wisata.
Salahsatu yang paling dikenal di Ambon lokasi yang menjadi primadona adalah sebuah lokasi yang bernama Pantai Pintu Kota. Keindahannya yang menawan dan keunikannya yang begitu eksotis membuat banyak orang tertarik datang berkunjung.
                        Pantai Pintu Kota, Ambon ini merupakan salahsatu lokasi wisata unggulan yang dimiliki oleh kota tersebut. berbeda dengan banyak pantai lainnya, Pantai Pintu Kota ini merupakan pantai berbentuk teluk dengan batu-batu karang yang sangat indah. Pantai satu ini tidak memiliki bibir pantai dan pasir, namun  bisa menemukan keindahan dan keeksotisan yang mungkin jarang akan temukan di pantai lainnya.














RUMUSAN MASALAH
1.       Dimana Lokasi Pantai Pintu Kota
2.       Sejarah Pantai Pintu Kota
3.       Apa yang membuat wisata banyak berkunjung?
4.       Fasilitas apa saja yang tersedia
5.       Wisatawan mana sajakah yang berkunjung?

TUJUAN
1.       Mengetahui letak pantai
2.       Mengetahui asal-usul pantai pintu kota
3.       Mengetahui  keindahan pantai pintu kota yang mengundang pengunjung
4.       Mengetahui fasilitas-fasilitas yang disediakan
5.       Mengetahui keberadaan pengunjung

MANFAAT
1.       Menambahkan wawasan pengetahuan
2.       Mengetahui lebih dalam tentang pesona alam yang ada dimaluku terkhususnya di kota Ambon
3.       Mengembangkan rasa sayang akan Tanah Air









                                                                                      


BAB II
LANDASAN TEORI

DIPESKRIPSIKAN PANTAI PINTU KOTA

Pengertian Pantai
     Pantai adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir dan air laut.Defenisi pantai adalah wilayah yang menjadi batas-batas antara laut dan daratan,bentuk pantai saling berbeda-beda disesuaikan dengan keadaan, mengapa sampai disebut pantai dan membentuk pantai disebabkan oleh adanya proses yang dilakukan diwilayah itu, contohnya seperti peengangkutan,pengendapan dan pengikisan yang disebabkan oleh gelombang, arus angin dan lingkungan sekitar yang setiap harinya berlangsung.

Manfaat Pantai
1.       Objek Pariwisata
2.       Daerah Pasang Surut
3.       Areah Tambak garam
4.       Wilayah yang ada kelapa
5.       Daerah yang bisa dipakai oleh masyarakat untuk pencarian lauk. Seperti ikan,kepiting dan lain-lain











BAB IV
PEMBAHASAN

Pantai Pintu Kota terletak di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Provinsi Maluku. Jaraknya sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Ambon. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang cukup populer bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
Pantai ini memiliki pemandangan yang cukup indah dan termasuk jenis pantai yang berkarang dan berbatu. Di pantai ini terdapat sebuah tebing yang menjorok ke laut dan berlubang di tengahnya. Lubang tersebut uniknya berbentuk seperti sebuah pintu gerbang. Tebing dengan lubang berbentuk pintu gerbang inilah yang menjadi ikon pantai ini.
Pantai ini memang tidak terlalu luas. Sebagian pantainya banyak dipenuhi dengan karang dan bebatuan. Sebagian lagi terhampar pasir pantai yang berwarna putih kecoklatan dengan kapal-kapal kecil yang berlabuh. Meski begitu pantai ini tetap menjadi salah satu pantai favorit bagi para wisatawan. Pantai ini sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan serta lokasi penyelaman karena memiliki pemandangan bawah laut yang cukup indah. Beberapa spot untuk snorkeling atau diving juga ada di kawasan pantai ini. Untuk menuju ke spot tersebut, para wisatawan biasanya menggunakan speedboat/perahu dari nelayan setempat. Pesona wisata. Pantai Pintu Kota merupakan salah satu destinasi wisata yang harus anda kunjungi saat berlibur maupun traveling ke Kota Maluku. Pesona wisata Tebing Karang di Pantai ini terletak sekitar 20 km dari Kota Ambon. Akses transportasi yang mudah dan jalan beraspal yang mulus menjadikan tempat ini mudah untuk dijangkau.
Pantai ini memiliki keunikan sekaligus keindahan yang tidak bisa ditemui di pantai lainnya, yang menjadikan daya tarik para traveler untuk mengunjungi Pantai Pintu Kota. Perpaduan warna tebing yang berwarna coklat kemerahan dan kemudian dihantam gelombang ombak menghasilkan pecahan air yang indah. Pesona Wisata Maluku Tebing Karang
Memandangi pesona wisata Tebing Karang di pantai ini sangat indah sekali, sangat cocok bagi anda yang ingin mencari ketenangan serta suasana nyaman, sunyi namun tidak membosankan. Pabila melihat Tebing Karang yang tinggi memuncak disertai warna tebing yang kemerah merahan ini seolah sedang membayangkan sesuatu yang akan kita capai dalam hidup ini. Dan suasana yang paling menambah ke eksotisan Tebing Karang ini adalah paduan langit yang membiru seolah sesuatu yang indah sedang menanti kita terlebih harapan yang telah di ukir dalam bayangan memandangi Tebing Karang tadi.



Fasilitas
Kawasan pantai ini sudah menyediakan area parkir yang cukup luas dan nyaman. Di sekitar kawasan pantai terdapat beberapa pondokan yang bisa digunakan untuk beristirahat dan berteduh sambil menikmati keindahan pantai. Beberapa penjual makanan dan penginapan juga bisa Anda dapatkan di sekitar kawasan pantai ini.
Akses
Akses jalan ke lokasi pantai sudah beraspal mulus. Hanya sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Ambon. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk menuju ke sini. Bila menggunakan kendaraan pribadi, bisa langsung menuju ke Desa Airlouw karena akses jalannya sudah mulus. Jika menggunakan angkutan umum dari pusat kota Ambon, Anda bisa menggunakan angkot yang berwana merah dengan jurusan yang menuju ke Desa Airlouw (angkot tersebut cirinya bertuliskan Air Louw di atas atap angkot). perjalanan selama kurang lebih 45 sampai dengan 60 menit menuju ke pantai indah nan menawan Tarifnya sekitar Rp 3.000 sekali jalan.
















BAB V
PENUTUP

1.       SARAN
                   Sebagai generasi muda Indonesia, terkhususnya Kota Ambon saya menyarankan kepada masyarakat agar terus menjaga kebersihan atau fasilitas yang ada ditempat wisata ini dengan baik. Agar para wisatawan tak enggan untuk databg berkunjung dan mersakan nyaman ditempat wisata ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar